50+ Soal dan Pembahasan Matematika: Operasi Perhitungan Cepat dan Lengkap
Bahas materi dan latihan soal matematika operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian yang mudah dihafal dan cepat dimengerti untuk anak-anak.
Cara menghitung cepat untuk anak-anak tentu akan mempermudah anak memahami pembelajaran khusus pada mata pelajaran berhitung seperti matematika.
Adapun metode yang dilakukan cukuplah mudah, contohnya bagi orangtua bisa simak cara meningkatkan motivasi belajar anak.
Metode khusus dalam berhitung, bisa menggunakan jari ataupun cara manual dan ada pula teknik khusus yang disediakan oleh pembimbing / guru.
Mimin akan menjelaskan materi operasi perhitungan matematika berikut contoh soal yang biasa guru berikan kepada murid umumnya.
Baca Juga:
Aturan Operasi Perhitungan Matematika
Mungkin untuk aturan (+) dan (-), sobat sudah tau cara penambahan dan pengurangan yang benar. Misal Mimin contohkan:
2 + 8 = 10, 2 + (-8) = -6, -2 + 8 = 6, 5 - 4 = 1, 5 - (-4) = 9 dll
Semuanya tergantung nilai angka untuk operasi penambahan dan pengurangan.
Ingatlah RUMUS operasi perhitungan perkalian dan pembagian berikut!
(+) x (+) = + (+) : (+) = +
(+) x (-) = - (+) : (-) = -
(-) x (+) = - (-) : (+) = -
(-) x (-) = + (-) : (-) = +
Baca Juga:
Bahasan Soal Operasi Perhitungan
Pelajaran berhitung ini pasti ada untuk semua murid baik itu SD ataupun SMP seperti berhitung penambahan, pengurangan, perkalin dan pembagian. Mari kita bahas satu persatu
Operasi Penambahan
"+" ini menandakan adanya penambahan, misal 12 + 8 = 20, -12 + 8 = -4, -12 + (-8) = -20 dll
Operasi Pengurangan
"-" ini menandakan adanya pengurangan, misal 12 - 8 = 4, -12 - 8 = -20, -12 - (-8) = -4 dll
Operasi Perkalian
"x" ini menandakan adanya perkalian, misal 12 x 8 = 96, -12 x 8 = -96, -12 x (-8) = 96 dll
Operasi Pembagian
":" ini menandakan adanya pembagian, bila terdapat angka yang tidak bisa dibagi misal 12 : 8 = ? maka ini termasuk operasi pecahan yang akan saya bahas dihalaman yang lain.
Ada tambahan RUMUS..
Bila menemukan soal bilangan bulat yang terdapat operasi penjumlahan, pembagian, perkalian atau pengurangan maka operasi yang pertama kita selesaikan adalah perkaliannya atau pembagiannya.
Penyelesaian ini sangat perlu diperhatikan, Ingatlah RUMUS berikut:
KALI BA TA KU => Kali Bagi Tambah Kurang
Tahu artinya? Yah, ini digunakan untuk menghitung bilangan operasi seperti contoh berikut:
(-12) - 10 : 5 x 20 = ...
Penyelesaian: - 10 : 5 x 20 -12
= -2 x 20 - 12
= -40 - 12
= -52
-75 x 3 + (-5) x (-25) =
Penyelesaian : Perhatikan kembali aturan operasi perhitungan tadi!
-75 x 3 + (-5) x (-25)
= -225 + 125
= -100
Bagaimana, metode tadi cukup mudah dipahami? Lanjut, yuk bahas soal cerita yang biasa di kasih guru mapel matematika.
Baca Juga:
Bahasan Soal Cerita Matematika
Soal cerita matematika, maksudnya soal yang berdasarkan cerita yang dikarang oleh pendidik agar murid lebih mudah memahami perhitungan matematika.
Mari kita buat contohnya:
Ayu punya 5 kelereng. Ayu membeli lagi 3 kelereng. Ada berapakah jumlah kelereng ayu sekarang?
Silahkan dijawab..😊 Ada berapa? Yah, ada 8
Itulah umpamanya dari perhitungan soal cerita matematika, namun soal ini memiliki banyak cabang kita habiskan untuk membahas dilevel yang mudah dahulu.
Operasi Penambahan dan Pengurangan dalam soal cerita
Ani membeli 3 buah buku tulis. Lalu, Ani membeli lagi 1 buah buku tulis untuk cadangannya. Ada berapakah jumlah seluruhnya?
Jawabannya adalah 4 buku tulis
Penjelasannya: Karena sama saja seperti 3 + 1 = 4
Ibu memiliki 7 mangga, lalu ibu berikan kepada adik 2 mangga. Ada berapakah sisa mangga ibu?
Jawabannya adalah 5 mangga
Penjelasannya: 7 (mangga punya ibu) - 2 (mangga untuk adik) = 5
Seperti itulah, contoh cerita pada soal matematika untuk operasi penambahan dan pengurangan.
Operasi Perkalian dan Pembagian dalam soal cerita
Ibu memiliki 2 anak. Ibu mau memberikan buku tulis untuk kedua anak-anaknya. Buku tulis yang mau Ibu berikan yakni masing-masing 5. Berapakah jumlah buku yang harus ibu beli?
Jawabannya adalah 10
Penjelasannya: Karena masing-masing 5 buku untuk 2 orang anak, 5 x 2 = 10
Guru memiliki 8 buah lengkeng yang ingin ia hadiahkan untuk kelompok Pisang. Kelompok pisang beranggotakan 4 orang murid. Berapakah masing-masing murid dapatkan bagiannya?
Jawabannya adalah 2 lengkeng untuk 1 orang murid
Penjelasannya: Gambarannya seperti ini, 8 lengkeng dibagi untuk 4 orang murid sama dengan 2. Jadi, 1 orang murid mendapatkan 2 buah lengkeng.
Bagaimana, pada operasi perhitungan berdasarkan soal cerita ini apa masih mudah dipahami?
Enggak cukup sampai sini..
Soal cerita sebelumnya itu tergolong masih mudah, berikut ini ada beberapa contoh soal cerita seperti menggunakan nilai uang, luas bidang tanah, suhu dll.
Indah memiliki uang Rp10.000. Uang itu akan ia gunakan untuk membeli peralatan sekolah seperti pensil, penghapus dan penggaris. Masing-masingnya bernilai Rp1500, Rp500 dan Rp3000. Berapakah sisa uang Indah?
Jawabannya adalah 5000
Penjelasannya: 10.000 adalah uang pertama Indah, lalu ia belanjakan untuk kepentingan sekolah Rp1500 + Rp500 + Rp3000 = Rp5000. Sehingga sisa uang Indah adalah Rp10.000 - Rp5000 = Rp5000.
Andi memiliki uang Rp20.000. Uang itu ia gunakan untuk membeli beras 2,5 kg. Ternyata harga beras per kilonya adalah Rp10.000. Mengingat jarak antara rumah Andi dan toko beras jauh, akhirnya Andi memutuskan berhutang dahulu terkait kekurangannya.
Jawabannya adalah - Rp5000 (atau bisa dibaca hutang Rp5000)
Penjelasannya:
Uang Andi = Rp20.000
Harga 2,5 kg beras = Rp10.000 × 2,5 = Rp25.000
Hutang = harga beras – uang Andi
= Rp25.000 – Rp20.000
= Rp5.000 (hutang Andi) atau bisa ditulis -5.000
Hani melelehkan es batu pada suhu ruang 20 oC. Jika suhu es batu mula-mula -1 oC, tentukan selisih suhu ruang dan es batu.
Jawabannya: 21
Selisih suhu ruang dan es batu = 20 – (-1)
= 21 oC
Baca Juga:
Soal dan Pembahasan
Mari kita bahas tuntas latihan soal matematika operasi perhitungan yang kami ambil dari bank soal matematika umumnya:
5 x 4 : 2 + 10 - 5 =A. 15
B. 8
C. 19
5 x 4 : 2 + 10 - 5
= 20 : 2 + 10 - 5
= 10 + 10 - 5
= 20 - 5
= 15
150 - 100 : (-2) =A. 234
B. 200
C. 215
150 - 100 : (-2)
= 150 - (-50)
= 150 + 50
= 200
A. 82
B. 83
C. 84
A. 150
B. -150
C. 300
-750 : 25 + (-120)
= - 30 + (-120)
= -150
Pada bilangan 36, angka 3 menempati nilai tempat . . .A. Dua belas
B. Empat belas
C. Enam belas
1.750 - (-125) x (-8)
= 1750 - 1000
= 750
-150 + 250 : (-5) + 225 =A. 25
B. 30
C. 35
-150 + 250 : (-5) + 225
= -150 + (-50) + 225
= -200 + 225
= 25
750 - (-2) x (-250)+ (-50) =A. 270
B. 250
C. 200
750 - (-2) x (-250)+ (-50)
= 750 - 500 + (-50)
= 250 + (-50)
= 200
27 + n = 57 , jadi n adalah ........A. 120
B. 150
C. 170
2 x (-75) + 250 - (300 : (-6))
= -150 + 250 - (-50)
= -150 + 300
= 150
Bilangan 375 = .....A. 3 puluhan + 7 ratusan + 5 satuan
B. 3 ratusan + 7 satuan + 5 puluhan
C. 3 ratusan + 7 puluhan + 5 satuan
3 ratusan + 7 puluhan + 5 satuan
-150 - 12 x 10 : 3 =A. -190
B. 190
C. 200
A. 0
B. 1
C. 10
(21 x 13) - 170 + (-102)
= 273 - 170 - 102
= 1
-20 x (75 + (-50)) : (-100)=A. 1
B. 5
C. -5
-20 x (75 + (-50)) : (-100)
= -20 x (25) : (-100)
= -500 : (-100)
= 5
(-115 + 45) x 27 : 30=A. 60
B. 83
C. -63
(-115 + 45) x 27 : 30
= -70 x 27 : 30
= -1890 : 30
= -63
Adi memiliki 7 kantong kelereng. Tiap kantong berisi 9 butir kelereng. Berapa butirkah jumlah kelereng Adi?A. 63 kelereng
B. 64 kelereng
C. 65 kelereng
9 kelereng x 7 kantong = 9 x 7 = 63 kelereng
Pak Moko memiliki 29 pohon nangka. Tiap pohon rata-rata menghasilkan 8 buah nangka. Berapa buah nangka yang dihasilkan dari kebun Pak Moko?A. 230 buah
B. 323 buah
C. 232 buah
29 pohon dikalikan 8 buah nangka = 29 x 8 = 232 buah
Murid kelas tiga membentuk kelompok belajar. Tiap kelompok terdiri dari 10 orang. Berapa jumlah murid kelas tiga tersebut jika di kelas itu terdapat 9 kelompok belajar?A. 80 orang
B. 90 orang
C. 60 orang
Jumlah murid = 9 kelompok dikali 10 orang= 9 x 10 = 90 orang
A. 50 jeruk
B. 60 jeruk
C. 100 jeruk
Jumlah buah jeruk = 5 buah jeruk dikalikan 10 keranjang= 5 x 10 = 50 jeruk
Jumlah kelas SD Sukamaju 15 kelas. Jumlah tiap kelas 32 murid. Berapa jumlah murid SD Sukamaju?A. 450 murid
B. 480 murid
C. 540 murid
Jumlah murid SD Sukamaju = 15 kelas dikalikan 32 murid= 15 x 32 = 480 murid
Didalam kandang ada 17 ekor ayam. paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor.A. 8
B. 9
C. 10
9 ekor ayam
Arif memiliki 10 buah kelereng. Andi memberikan 6 kelereng kepada Arif. Jumlah kelereng Arif sekarang adalah . . .A. 16
B. 19
C. 60
16
Pita Doni 5 meter, pita Dona 7 meter, pita Indah 4 meter. Maka yang paling pendek adalah pita. . .A. Doni
B. Dona
C. Indah
Indah
Pak Kadir memiliki 10 ayam betina dan 5 ayam jantan, jumlah telor ayam betina ada 30 butir dan yang sudah menetas telornya ada 25 telor. Jadi berapa jumlah ayam pak kadir ?A. 70
B. 40
C. 50
40 ekor ayam
Siti memiliki 24 pensil, 5 pensil diberikan kepada Lani. Berapa sisa pensil Siti sekarang?A. 24
B. 20
C. 19
19
Ibu memiliki buah jeruk 8 buah, lalu ibu membeli lagi 9 buah. Berapa jumlah buah jeruk ibu?A. 89
B. 72
C. 17
17
Ayah memiliki 20 ikan di kolam, lalu ikan ayah mati 6. Berapa sisa ikan ayah yang masih hidup?A. 20
B. 6
C. 14
14
Ibu memiliki 57 potong kue bolu, sebanyak 25 potong sudah habis dimakan. Berapa sisa kue bolu ibu yang belum dimakan?A. 32
B. 23
C. 30
32
Badu memiliki buah apel sebanyak 13 buah. Kemudian ia membeli lagi buah apel sebannyak 12 buah. Berapakah jumlah buah apel yang dimiliki oleh Badu?A. 24
B. 25
C. 26
25
Pak Amir membeli buah apel 151 buah dan buah jeruk 123 buah. Berapa jumlah buah apel dan jeruk yang dimiliki Pak Amir....A. 274
B. 275
C. 276
274
Ali membeli 45 buku dan Adi membeli 44 buku. Jumlah buku yang mereka berdua beli adalah ....A. 2900
B. -2900
C. 3000
1250 + 24 x 115 - 1110
= 1250 + 2760 - 1110
= 2900
-1828 + 2728 – ( – 1083 )A. 1893
B. 1983
C. 1389
-1828 + 2728 – ( – 1083 ) = 900 – ( -1083 ) = 900 + 1083 = 1983
(- 25 x 12 ) : (-(12 x 2 ) )A. 12
B. 12,5
C. 15
Lakukan perkalian yang ada pada kurung terlebih dahulu lalu lanjutkan dengan operasi pembagian (- 25 x 12 ) : (-(12 x 2 ) ) = – 300 : ( -(24)) = -300 : -24 = 12,5
(-20 - (-30)) x (-5)=A. 45
B. -45
C. -20
175 - 15 x (-8) + (-250)
= 175 - (-120) + (-250)
= 295 - 250
= 45
-15 x (25 + (-23)) - (-130)=A. 100
B. 150
C. -100
-15 x (25 + (-23)) - (-130)
= -15 x 2 - (-130)
= -30 - (-130)
= 100
54 : (21 - 3) + 60 : (-12) =A. -2
B. 2
C. 5
54 : (21 - 3) + 60 : (-12)
= 54 : 18 + (-5)
= 3 - 5
= -2
3600 : 40 - 2200 : 11 + 3500 : 70=A. -65
B. 65
C. -60
3600 : 40 - 2200 : 11 + 3500 : 70
= 90 - 200 + 50
= -60
Pak Tono adalah seorang pedagang kue, ia mempunyai modal awal Rp.1.000.000. Pada hari pertama pak Tono memperoleh penghasilan Rp.1.500.000 kemudian dia belanja bahan kue lagi Rp.750.000. Berapakah keuntungan dan sisa uang Pak Tono sekarang?A. Rp.750.000
B. Rp.550.000
C. Rp.250.000
Keuntungan = 1.500.000 – 1.000.000 = 500.000 Sisa uang Pak Tono = 1.500.000 – 750.000 = 750.000
Jadi keuntungan yang Pak Tono dapatkan yaitu Rp.500.000 dan sisa uang Pak Tono sekarang Rp.750.000
Pada tanggal 20 september, suhu di Bandung yaitu 28 derajat celcius sedangkan di Gunung Bromo 14 derajat celcius. Berapakan selisih antara suhu di Bandung dengan di Gunung Bromo ?A. 42 derajat celcius.
B. 14 derajat celcius.
C. 0 derajat celcius.
28 – 14 = 14 Jadi selisi suhu antara Bandung dengan Gunung bromo yaitu 14 derajat celcius.
Sebuah truk pengangkut mangga mengangkut 20 kotak mangga, setiap kotak berisikan 25 mangga. Truk tersebut akan mengantarkan kepada setiap toko, pada toko pertama ia menurunkan 4 kotak mangga, berapa sisa mangga yang ada di truk?A. 40
B. 49
C. 9
Hitung terlebih dahulu jumlah mangga 20 x 25 = 500 4 kotak mangga dikirimkan pada toko pertama 4 x 25 = 100
Maka sisa mangga yang ada ditruk 500 – 100 = 400 Jadi sisa mangga yang ada di truk yaitu 400 buah.
Selain cara diatas bisa langsung dikerjakan secara langsung. 20 x 25 – 4 x 25 = 500 – 100 = 40
Pak Hasan memiliki 5 hektar kebun jeruk. Setiap 2 hektar kebun membutuhkan pupuk 30 kg pupuk. Jika persediaan pupuk Pak Hasan 82,5 kg, berapakah sisa pupuk Pak Hasan?A. 7,25 kg
B. 7,5 kg
C. 7,75 kg
Kebun Pak Hasan = 5 hektar Setiap 2 kebun = 30 kg pupuk -> setiap 1 hektar membutuhkan 15 kg pupuk
Persediaan = 82,5 kg Kebutuhan 5 hektar = 15 × 5 = 75 kg pupuk Sisa = 82,5 – 75 = 7,5 kg pupuk
Baca Juga:
Penutup
Sekian bahasan mengenai operasi perhitungan cepat dan lengkap pada soal matematika. Biasakanlah untuk selalu mengulang pelajaran atau hitungan yang telah dihafalkan.
Sumber : banksoal.belajar.kemendikbud.go.id & haloedukasi.com